Kamis, 31 Mei 2012

TIPS MEMILIH PEKERJAAN SESUAI DENGAN BAKAT & KEPRIBADIAN


Berikut ini tips-tips dalam memilih pekerjaan sesuai dengan bakat dan kepribadian:
1. Memahami Potensi Kekuatan Diri Sendiri
Apa saja sih yang bisa kita kerjakan dan apa saja yang kita sukai? Jika kita punya latar belakang pendidikan sebagai dokter, namun kita merasa tidak berbakat jadi dokter dan di lain sisi kita sangat hobi menyebarkan informasi kesehatan kepada orang lain. Dari sana kita bisa menjadi konsultan kesehatan atau penulis buku-buku, koran, majalah kesehatan.

Kemampuan terpendam terkadang bisa menjadi penyelamat. Misalnya seseorang yang lulusan akuntansi punya bakat / keahlian menjual sesuatu, maka dia bisa menjadi sales produk suatu perusahaan sebagai langkah awal. Baru setelah kemampuan sebagai salesman teruji, kita mungkin bisa minta pindah atau diperbantukan ke bagian keuangan sambil tetap jadi sales paruh waktu untuk mengasah kemampuan akuntasi kita.
2. Tahu Di Mana Ada Peluang Kerja
Kita bisa tahu ada lowongan pekerjaan dari koran, internet, teman, keluarga, dan lain sebagainya. Ketika ada peluang maka kita bisa mencoba melamar pekerjaan tersebut. Yang pasti kita harus tahu potensi diri kita sendiri terlebih dulu. Kalau kita belum punya pengalaman pekerjaan mungkin kita harus siap bekerja di posisi apapun karena dunia kerja itu berbeda sekali dengan dunia sekolah dan kuliah. 
3. Mempersiapkan Segala Sesuatu
Mau bekerja pun kita butuh modal. Saat melamar pekerjaan setidaknya kita membuat surat lamaran, cv beserta lampiran-lampirannya mulai dari kartu kuning pencari kerja, pas foto, surat keterangan catatan kepolisian, fotokopi ktp, ijazah, transkrip nilai, kartu keluarga, sim, dan lain-lain. Pada saat panggilan wawancara pun kita butuh pakaian yang baik. Setelah diterima kerja pun kita juga butuh beberapa setel pakaian seragam kerja dan lain sebagainya sampai kita mendapatkan gaji dan tunjangan pertama.
Yang tak kalah penting adalah mempersiapkan mental kita saat wawancara kerja, saat hari-hari pertama di tempat kerja yang baru, saat harus bersosialisasi dengan rekan kerja, saat dimarahi oleh atasan atau staf senior, saat menghadapi konflik atau masalah pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika mental kita kuat ditambah dengan sifat perilaku yang baik, maka kemungkinan untuk bertahan bekerja adalah cukup besar. Jika lemah mental maka yang ada di kepala kita hanyalah ingin segera mencari pekerjaan lain atau pindah bagian agar bisa beradaptasi dengan suasana yang baru.
4. Menguasai Trik-Trik Agar Diterima Kerja
Rajinlah mencari informasi dunia kerja melalui membaca buku, majalah, koran, dan sebagainya untuk mengetahui orang yang bagaimana yang dicari perusahaan untuk mengisi posisi yang lowong. Belajarlah menjadi orang yang dicari perusahaan-perusahaan. Pelajari contoh-contoh soal tes potensi akademik, psikotes, tes wawancara kerja, dan lain sebagainya. semua itu suatu saat akan membantu kita dalam mendapatkan pekerjaan.



sumber: http://pkwongkeren.blogspot.com/2009/06/pemilihan-karir-sesuai-dengan-potensi08.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar